Situs ini berisi karya-karya tulisan admin pribadi, baik yang berkaitan ilmu syar’i yang mencankup Aqidah, Fiqih dll, begitu juga duniawi seperti Komputer, pengalaman pribadi dll.

Adapun tema situs ini yang berjudul WITH TRIPLE S (Searching, Studing dan Sharing) maksudnya ialah sebagai berikut:

WITH = dengan
TRIPLE =  tiga, seperti double dua (ganda), sedangkan single satu.
S = inisial untuk tiga kata yang berbeda namun saling berkaitan secara bertahap, yaitu: Searching, Studing dan Sharing

*Searching : maksudnya pencarian atau penelitian baik dengan berpetualang, merantau atau rihlah karena ini adalah langkah pertama bagi seorang penuntut ilmu untuk mencari dan menimba ilmu syar’i maupun yang bersifat duniawi jika bermanfaat baginya. Rasulullah bersabda:

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ


“Barang siapa yang meniti jalan dalam rangka menuntut ilmu, niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan menuju ke Surga”
(H.R. Bukhari, Ibnu Majah dan Attirmidzi) Haditsnya Hasan.

Dan inilah yang ditempuh oleh ulama-ulama kita terdahulu dimana mereka meninggalkan kampung halaman mereka dengan mendatangi sang guru di negri lain, bahkan ada yang menempuh sebulan perjalanan hanya untuk mencari sebuah hadits saja.

*Studing: maksudnya belajar, menuntut ilmu, tentunya dalam hal ini ilmu syari’at serta ilmu alatnya, karena dengannya kita sebagai umat Islam dapat memahami kandungan dari pedoman kita, yaitu Al-Qur’an dan Hadits, Apalagi hukumnya wajib bagi kaum Muslim.

Dari Anas bin Malik berkata, Rasulullah bersabda:

…طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Menuntut ilmu itu wajib bagi kaum Muslim…”

Imam Bukhari berkata:

العِلْمُ قَبْلَ الْقَوْلِ وَالْعَمَلِ


“ilmu itu sebelum ucapan dan amalan”

Namun Islam juga tidak melarang umatnya untuk belajar ilmu-ilmu lain seperti Matematika, Fisika, Sains, Kedokteran dan lain-lain karena hal-hal tersebut juga bermanfaat bagi dirinya dan orang lain selama tidak menyisihkan ilmu-ilmu syar’i.

*Sharing: maksudnya berbagi, tentunya setelah kita mengamalkan ilmu yang kita peroleh terlebih dahulu, karena ilmu yang diperoleh adalah amanat yang harus disampaikan baik dengan  ucapan melalui ceramah, khutbah dan lain-lain, maupun dengan tulisan berupa makalah, buletin, majalah dan lain-lain, baik di dunia nyata maupun di dunia maya yang mempermudah dalam menyebarkannya.

Allah berfirman:

ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ


“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik”

Terakhir, bila ada tulisan yang mengambil dari penulis atau penyusun lain, maka admin Insya Allah akan cantumkan sumbernya demi amanah ilmiah. Admin juga berharap kepada pembaca yang budiman sudi kiranya menyampaikan kritik membangun maupun saran agar situs ini lebih baik lagi. terima kasih.