كَمْ مِــنْ طَالِـــبِ الْعِـــلْمِ لاَ يَـــهُمُّــهُ إِلاَّ الشَّـــهَادَةْ

أَلاَ يَـذْكُــرُ قَــوْلَ الشَّــافِــعِيْ عَـنْ شُرُوْطِهِ السِّتَّـةْ

وَهِـــيَ ذَكَــــاءٍ مَـــعَ حِـــرْصٍ وَاجْــتِهَادٍ وَبُـلْغَـةْ

وَطُـــوْلِ زَمَــــانٍ وَإِرْشَــــادِ أُسْتَـــاذٍ بِالْمُـدَاوَمَـةْ

مَـــعَ أَنَّــهُ مُلْــزَمٌ بِــتَـــْبـــلِيْـغِـــهِ تِـجَـــاهَ الْأُمَّـــةْ

اِحْتَــجَّ بِفَتْــوَى مَــالِكٍ عِنْــدَ الْعَجْـزِ عَـنِ الْإِجَابَــةْ

وَهُـوَ [لاَ أَدْرِيْ] فَهَــلْ يُجِــيْــبُ بِــهِ كُـلَّ الْأَسْئِلَـةْ

كَـلاَّ فَـــلْنَحْـرِصْ بِأَدَاءِ مَــا فِــي الْقُـــرْآنِ وَالسُّنَّـةْ

فِــيْهِمَــا دَلِيْـلٌ عَلَـى أَنَّ الَّـدعْوَةَ عَــلَى البَــصِيْـرَةْ

وَبِــالْحِــكْـمَــةِ وَالْعِــظَـةِ الْحَـــسَنَـةِ وَالْمُـجَـادَلَــةْ

اِبْـــــتِــدَاءً بِــأَهَــــمِّ الْأُمُــوْرِ وَهُـــــوَ الْعَــقِــيْــدَةْ

ثُـــمَّ الْفِـقْــهِ عِبَــادَةً وَمُــعَــامَــلَــةً مَــعَ الْحِــسْبَــةْ

Berapa banyak penuntut ilmu (syar’i) yang tiada kepentingan selain meraih ijazah

Apakah ia tidak ingat ucapan (Imam) Syafi’i tentang syarat-syaratnya yang enam?

Yaitu: kecerdasan, disertai semangat, kesungguhan, bekal, …

Dan masa yang panjang serta petunjuk guru secara terus-menerus

Padahal ia harus menyampaikannya kepada umat

Ia berhujjah dengan fatwa (Imam) Malik tatkala tidak bisa jawab (pertanyaan-pertanyaan mereka)

Yaitu “tidak tahu”, maka apakah ia akan menjawab dengannya semua pertanyaan (itu)

Sekali-kali tidak, maka hendaklah kita semangat dalam mengamalkan kandungan Alquran dan Sunnah

Didalam keduanya ada hujjah bahwa dakwah itu dengan bashirah (pengetahuan),

Dan dengan cara hikmah, peringatan yang baik, dan diskusi,

Dimulai dengan paling pentingnya perkara yaitu aqidah,

Kemudian fiqih baik ibadah maupun mu’amalah dengan hisbah(*)

___________________________

* hisbah adalah: mengajak kepada kebajikan dan mencegah dari kejahatan.